Buku

Buku

krisis arab, buya syafii, ahmad syafii maarif, krisis arab dan masa depan dunia islam, maarif, muhammadiyah
krisis arab, buya syafii, ahmad syafii maarif, krisis arab dan masa depan dunia islam, maarif, muhammadiyah

Krisis Arab dan Masa Depan Dunia Islam

Penulis: Ahmad Syafii Maarif



Judul buku:  Krisis Arab dan Masa Depan Dunia Islam



Penerbit:  Bunyan



ISBN:  978-602-291-438-9



Penyunting: Nurjannah Intan



Tebal Punggung: 1.36 cm



Lini: Bentang Pustaka



Kover:   13x20.5 cm



Format:  13cmx20.5 cm



Jumlah halaman:  240 hlm



Jenis Kertas Isi: bookpaper 55 gr



Jenis Kertas Sampul: AC 230 gr



Kategori: Agama Islam



Kode:  BS-523

 


IDR 59.000 IDR 47.200

Dalam buku ini, Ahmad Syafii Maarif, cendekiawan dan guru bangsa, merangkum serangkaian pemikiran kritis beliau terhadap apa yang disebut dengan penuh haru oleh sebagian komunitas Muslim tentang “The Golden Ages of Islam”.



Peradaban Islam memang berkembang hingga mencapai puncak-puncaknya yang tertinggi. Namun, kita perlu memahami bahwa semua itu juga dibangun di atas darah umat Islam yang berbeda pandangan politik.



Pada kenyataannya, nafsu kekuasaan tanpa didampingi kekuatan moral yang tangguh, pasti merusak. Agama sering benar tidak berdaya. Rasa haus akan “kejayaan” mengalahkan sisi kerohanian manusia. Akibatnya, bahkan masih bisa kita rasakan sampai hari ini. Kita terpasung dalam kotak-kotak politik akibat ulah perseteruan elite Arab Muslim itu. Sekarang, mampukah kita sungguh-sungguh kembali pada pesan suci Al-Quran dan sunah Nabi, serta mengucap selamat tinggal pada kotak-kotak penuh darah dan dendam kesumat itu?


Ahmad Syafii Maarif, dilahirkan di Sumpurkudus, Sumatra Barat, 31 Mei 1935. Pada usianya yang hampir 83 tahun ini, Anak panah Muhammadiyah lulusan Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah ini, beliau masih tetap aktif dalam berbagai kegiatan, khususnya dalam mengawal moralitas dan kebinekaan bangsa. Sebagai jebolan dari Ohio University dan The University of Chicago, beberapa karya publikasinya yang fenomenal dalam meletakkan kebangsaan diantaranya “Islam dan Pancasila sebagai Dasar Negara”, dan “Islam dalam Bingkai Keindonesiaan dan Kemanusiaan”. Kiprah Profesor dalam bidang filsafat sejarah dalam dunia mengajar dan akademisi, sudah sangat teruji sejak lulus dari Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah, hingga sebagai Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta. Beberapa posisi yang pernah dan masih dijalaninya selain sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 1998—2005, di antaranya: Anggota Dewan Pertimbangan Agung Republik Indonesia; salah seorang Ketua World Conference on Religion and Peace (WCRP); Panitia Seleksi Pimpinan Komisi Pemberantas Korupsi (Pansel Pimpinan KPK); Panitia Seleksi Penasihat Komisi Pemberantas Korupsi (Pansel Penasihat KPK); Dewan Pembina Pengurus Pusat Baitul Muslimin Indonesia; Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP); Anggota Eksternal Komite Etik Level Governance Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan kiprahnya tersebut, tentunya telah banyak penghargaan yang telah diperoleh pendiri MAARIF Institute for Culture and Humanity ini, yang di antaranya: Anugerah Hamengkubuwono IX dalam kategori Penghargaan X untuk Bidang Kemanusiaan; Magsaysay Award 2008 untuk kategori Peace and International Understanding; Mpu Peradah 2009 karena kepedulian dan dedikasi yang tinggi terhadap pluralisme; Habibie Award 2010, Penghargaan Khusus untuk kategori Harmoni Kehidupan Beragama; Islamic Book Fair (IBF) Award 2011 untuk kategori Non-Fiksi Dewasa dengan judul buku Islam dalam Bingkai Keindonesiaan dan Kemanusiaan; Soegeng Sarjadi Award 2011, Soegeng Sarjadi Life Time Achievement Award untuk kategori On Intelectual Integrity; MIPI (Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia) Award 2011 untuk kategori Pemerhati Ilmu Pemerintahan; Anugerah Seputar Indonesia 2012 untuk kategori Tokoh Pengabdian; Penghargaan The Right Man on The Right Place (Lensa Indonesia) 2013 kategori Achievement Newsmaker “Sang Pluralis Pemberani”; UMM Award 2014; Penghargaan Bintang Mahaputra Utama 2015; dan Tahir Foundation Award 2017 kategori Life Achievement Award.

    Related Book