Papua merupakan salah satu daerah di Indonesia yang penuh dengan konflik. Tidak hanya sesama suku yang ada di sana, tetapi juga melibatkan militer Indonesia. Isu separatisme seolah menjadi bahaya laten yang bisa muncul kapan saja. Di samping itu, orang Papua kerap dipandang dengan penuh stereotip. Kehadirannya biasa disinonimkan dengan kerusuhan atau hal-hal negatif lainnya. Sementara itu, kekayaan alam pulaunya tidak berbanding lurus dengan kesejahteraan warganya, yang sebagian besar masih miskin.

Itulah beberapa problem yang muncul setiap kita mendiskusikan Papua secara terbuka. Berbagai gambaran positif tentang pulau tersebut biasanya akan segera tertutup hal-hal negatif. Berita di media massa sering menunjukkan kecenderungan seperti itu. Tentu hal tersebut tidak adil bagi masyarakat Papua.

Atas dasar itulah Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen membuat dokumenter bertajuk Alenia’s Journey Uncover Papua. Program dokumenter yang didukung oleh Kick Andy Foundation ini menjelajahi 24 kabupaten, ratusan distrik atau kecamatan, dan ribuan kampung di Papua dan Papua Barat. Selama 80 hari, Ale dan Nia bersama dengan tim melewati lembah, gunung, dan pantai. Melalui program dokumenter ini keduanya berharap dapat menggugah pemerintah dan masyarakat umum.

Buku “Pengantar Harapan, Penyemai Karya” tidak hanya berisi 8 kisah inspiratif dari para pemenang penghargaan Kick Andy Heroes yang diadakan setiap tahun sejak 9 tahun lalu, namun kisah-kisah mereka juga diharapkan mampu menggugah semangat para pembaca untuk terus berkarya, berbuat kebajikan dalam kehidupan sehari-hari demi kehidupan yang lebih baik.

Dapatkan, buku “Pengantar Harapan, Penyemai Karya” di toko-toko buku terdekat, atau cek di bentangpustaka.com mizanstore.com untuk penawaran harga spesial khusus buat kalian.

Cek koleksi ebook dari Bentang Pustaka juga ya.