coverBercita-cita membuka sebuah kedai makan atau café? Memiliki passion dalam memasak dan punya produk makanan yang enak hasil dari racikanmu sendiri? Lalu bermimpi menjualnya dan dapat dinikmati oleh orang banyak? Yuk, wujudkan cita-citamu menjadi seorang #Foodpreneur! Jangan pernah takut menjadi pengusaha dalam bidang kuliner! Mengingat, makanan memang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari kita. Setiap orang harus makan, bisa disimpulkan kalau bisnis kuliner ini akan terus dicari hingga kapan pun.

Para Penulis Foodpreneur dan Owners Pancake's Company, dari kiri ke kanan: Arsi, Astri, dan Irma

Para Penulis Foodpreneur dan Owners Pancake’s Company, dari kiri ke kanan: Arsi, Astri, dan Irma. Lokasi foto: Pancake’s Company.

Kenapa takut menjadi pengusaha dalam bidang kuliner? Karena kita belum mempunyai ‘resep’ yang ampuh dan tepat dalam membuka usaha kuliner yang kita impikan. Oleh sebab itu buku #Foodpreneur karya tim Pancake’s Company hadir, berbagi ‘resep’ rahasia dalam membangun bisnis kuliner mereka, sebuah kedai makan yang berlokasi di Jalan Demangan Baru, Yogyakarta, diberi nama Pancake’s Company. Tiga wanita hebat dibalik buku #Foodpreneur dan kedai makan Pancake’s Company ialah Astri Widyanari, Irma Aulia Pratiwi, dan Arsi Runi Prastiwi.

Para #Foodpreneur muda asal Yogyakarta yang sejak 7 tahun lalu memulai tren kafe dengan harga ramah ini, dengan senang hati membagi ilmu dan perspektif mereka tentang memulai bisnis yang tahan banting dengan senang hati membagi ilmu dan perspektif mereka tentang memulai bisnis ini dari nol. Mereka tak hanya akan berbagi kisah merintis, tapi juga melengkapinya dengan ragam tip praktikal: perizinan, pajak, manajemen SDM, ide jualan, ide menu dan resep, cara berpromosi yang efektif dan murah, ditutup dengan praktik langsung membuat business plan sederhana saat ini juga.

Buku ini menjadi berbeda dari wirausaha lainnya karena dibuat oleh penulis-penulisnya yang masih muda dan sukses dalam bisnis kuliner yang mereka geluti sekarang. Kombinasi otak bisnis Astri dan Irma, dan baking skill Arsi (sekaligus pemilik cake shop Havermeelkoek) adalah senjata ampuh untuk menaklukkan bisnis kuliner bertema pancake dan pasta di Yogyakarta. Trio ini bisa jadi salah satu conto hmereka yang sukses mengembangkan passion memasak menjadi bisnis di usia muda.

Mereka enggak hanya akan berbagi kisah sukses dan resep masakan. Tapi juga segala hal praktikal yang membuat pembaca langsung bisa menerapkan ide-ide mereka ke dalam bisnis makanan.

“Di sini tak ada yang berjanji membawamu menuju gerbang kesuksesan secara otomatis. Namun, kami bisa memberikan kepastian, buku ini akan memaksimalkan dan membantu usahamu. Iya, kamu yang mau belajar, menghargai proses, dan berkomitmen untuk berwirausaha…”- Tim Pancake’s Company (Penulis buku #Foodpreneur)

Para penulis dibukunya juga memberikan peringatan lebih lanjut bahwa, para pembaca jangan kaget kalau nanti sudah nyemplung, kamu akan ketagihan dengan keseruan-keseruan prosesnya menjadi seorang wirausaha dalam bidang kuliner. Jadi, bukan sekadar bergembira akan hasilnya.

Oleh: Priyo Anggara