Pernahkah malam-malam mu terganggu karena masa lalu yang terus menjadi hantu di pikiranmu? Pernahkah harimu terasa mengawang tak menjejak tanah karena hantu-hantu masa lalu terus mengusik hatimu? Bagian terburuknya adalah, masa lalu bukan hanya menjadi hantu, ia juga menjadi misteri dan teka-teki yang enggan untuk terpecahkan. Mengapa? Karena begitu banyak hal dalam masa lalu yang membuat kita terus bertanya-tanya tanpa pernah mendapat jawabannya.

“apakah dia mencintaiku?”

“mengapa ia memilih untuk meninggalkanku?”

“Apa yang kulakukan salah sehingga ia memilih untuk pergi?”

“Apakah aku hanya satu-satunya yang ia cintai kala itu?”

Dan berjuta pertanyaan lainnya akan terus tertutup tabir misteri dan menjadi hantu di pojok pikirmu. Melelahkan, bukan?

Namun bagaimana jika tiba-tiba sosok masa lalu yang dipenuhi misteri itu kembali menyeruak ke permukaan dan beralih menjadi ‘kini’? Bagaimana jika ia yang dulu kamu cintai namun meninggalkanmu dengan banyak tanya kini hadir kembali? Sebuah kesempatan untuk menyibak berbagai tabir misteri. Namun, sanggupkah kamu? Kuatkah kamu untuk benar-benar menghadapi kenyataan yang ada?

Pertanyaan-pertanyaan itulah yang tersurat dalam mini novel Memeluk Masa Lalu karya Dwitasari. Novel ini mengisahkan tentang Cleo dan Raditya yang telah terpisah selama 3 tahun namun dipertemukan kembali. Memeluk Masa Lalu mengajarkan kepada pembacanya bagaimana cara berdamai dengan hantu-hantu masa lalu.

Talitha Fredlina Azalia