Rahvayana“Sarpakenaka, Adindaku. Sinta adalah hikayat cintaku tentang teratai”

Kini, teratai itu akan ditemui sang Rahwana dalam Gelar Budaya Rahvayana. Sebuah acara dengan tema besar Gelar Budaya Komunitas Masyarakat Yogyakarta oleh Dinas Kebudayaan DIY ini diadakan sebagai perwujudan program kegiatan Dinas Kebudayaan Provinsi DIY dan Korem 072/Pamungkas.

Rahvayana, sebuah acara yang diadaptasi dari novel Rahvayana, akan dilaksanakan pada hari Jum’at, 18 Desember 2015 itu bertujuan untuk mendekatkan TNI dan masyarakat dengan nafas-nafas Bela Negara dan Bela Budaya serta mempromosikan acara Drama Teatrikal Rahvayana, yang akan dilaksanakan di kuartal pertama tahun 2016.

Rahvayana akan dimulai dari pukul 16.00 hingga pukul 20.30 WIB. Acara ini merupakan bentuk kegiatan gelar aksi-aksi kreativitas dan budaya yang dikombinasikan dengan gaya unik dengan parade mobil retro dan drama musikal yang melibatkan Tim Pokja Dinas Kebudayaan DIY, Korem 072/Pamungkas, Tim Drama Teatrikal Rahwayana, Komunitas Djogja Retrodiningrat, serta Organisasi Pemuda Brigade Muda Jogja (BMJ). Meskipun isi yang terkandung dalam buku Rahvayana adalah pewayangan, namun konsep yang diselenggarakan akan lebih hidup dengan gaya modern. Oleh karena itu, acara yang bertempat di Lapangan Mandala Krida, Yogyakarta, ini nantinya akan diisi dengan kegiatan Kontes & Bursa Mobil Retro, Lady Car Wash Photo Contest, Heritage Stage, Giat Budaya BMJ, dan Pre-Event Drama Teatrikal Rahvayana.