Di tengah-tengah banyaknya keterpurukan yang dialami oleh bangsa ini, masih banyak emas permata yang tersebar di seluruh penjuru negeri. Para emas permata ini berjuang demi membangun negeri tanpa pamrih. Hal ini bisa menjadi landasan bagi kita semua juga untuk tetap berjuang. Berbagai hal yang terjadi pada negeri ini,  masyarakat secara luas, orang lain, maupun diri sendiri terkadang membuat kita menyerah dan putus asa.

Kita menjadi tidak peduli dan apatis terhadap apa yang terjadi dengan lingkungan sekitar kita. Kita membiarkan semuanya berlalu begitu saja karena telah berada pada posisi titik paling terjenuh. Namun, kita juga perlu mengetahui bahwa masih ada orang-orang di negeri ini yang terus berjuang dengan sepenuh hati.

Sebut saja Basuki Tjahja Punama atau Ahok, Gubernur DKI Jakarta yang saat ini dikecam oleh berbagai pihak karena dikenal emosional dan berperangai kasar. Walaupun menerima banyak kecaman atas keputusannya ia adalah sosok yang patuh terhadap konstitusi. Selain itu, ada Asnat Bell, seorang guru di Desa Teluk NTT yang hanya digaji Rp 100.000,00 per bulan!Semangat-dan-Totalitas-Membangun-Negeri

Akan tetapi mereka menjalankan berbagai aktivitas tersebut dengan penuh semangat dan totalitas. Tidak peduli dengan imbalan maupun balas budi yang akan diberikan, mereka menjalaninya dengan semangat dan totalitas yang begitu tinggi. Para tokoh-tokoh tersebut adalah contoh konkret bagaimana semangat dan totalitas mampu diciptakan tanpa mengharap pamrih. Satu hal yang melekat dalam diri adalah berbakti untuk negeri dengan sepenuh hati.

Buku Semangat dan Totalitas Membangun Negeri adalah kumpulan profil dengan kisah-kisah terpilih. Tidak hanya Ahok dan Asnat Bell, tetapi juga sosok-sosok lain dengan berbagai kisah. Tidak hanya berbicara tentang dunia politik pemerintahan dan pendidikan. Buku ini juga menawarkan kisah orang-orang yang ikhlas menjalani hidup tetapi tetap berjuang keras. Mereka adalah sosok-sosok yang memiliki kisah unik sehingga mampu memberikan semangat bagi pembacanya. Harapannya, buku ini mampu membuat pembacanya kembali bangkit dan membangun masa depan yang lebih baik. Tidak hanya masa depan dirinya sendiri, tetapi juga masa depan orang lain dan negeri ini. Dari orang-orang yang telah berjuang dengan sepenuh hati itu, inspirasi dan motivasi untuk membangun negeri ini dengan semangat dan totalitas akan mampu diciptakan.

 

Lamia Putri D.