England_flag-3Studi EPI (English Proviciency Index) yang dilakukan oleh EF (Education First) terhadap 63 negara menghasilkan bahwa kemampuan berbahasa Inggris dari Indonesia masih berada pada tingkat menengah, yakni pada peringkat 28. Seperti yang dilansir dalam Okezone, Senior Vice President for Academic Affairs EF, Dr. Christopher Mc Cormick mengatakan bahwa studi ini dilakukan pada 750 ribu orang dewasa Indonesia pada tahun 2013. Hasil dari studi ini kemudian dibandingkan dengan hasil penelitian yang dilakukan EF pada tahun 2007.

Dibandingkan dengan negara lain, skor Indonesia masih berada pada tingkat menengah, yakni 52,74, mengalami peningkatan sebesar 7,96 poin dari tujuh tahun terakhir. Sementara negara-negara Eropa seperti Denmark, Belanda, dan Swedia mendominasi kemampuan berbahasa Inggris pada tingkat tinggi dengan skor 69,30. Dengan skor ini, Indonesia masih berada pada peringkat 6 dari 14 negara di Asia dengan dominasi dari kota-kota pariwisata seperti Jakarta, Bali, Yogyakarta, Sumatera Barat, Jawa Barat, dan lain-lain.

Pentingnya Bahasa Inggris

Menurut Cormick, ada korelasi antara kefasihan bahasa Inggris dengan beberapa ukuran sosial dan ekonomi termasuk pendapatan, kemudahan melakukan bisnis, hingga kualitas hidup. Oleh sebab itu menurut Cormick, selain bahasa utama yaitu bahasa Indonesia, perlu dikenalkan bahasa kedua seperti bahasa Inggris yang telah menjadi keterampilan dasar yang dibutuhkan oleh seluruh masyarakat atau tenaga kerja di dunia.

photo 5Cara Belajar Bahasa Inggris

Di era yang sudah modern ini, sangat mudah untuk mempelajari suatu hal. Sebut saja mesin pencari seperti Google yang akan dengan cuma-cuma memberi kemudahan mempelajari bahasa Inggris. Cara belajar yang lain bisa dengan mendownload aplikasi berbayar atau gratis yang telah disediakan oleh institusi-institusi tertentu, sehingga tidak perlu datang ke institusi tersebut. Cara selanjutnya bisa dengan membeli buku-buku seperti pada gambar di samping untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu. Ada ribuan cara lainnya untuk meningkatkan kemampuan kita terutama dalam berbahasa Inggris. Pilih yang cocok dengan kita sehingga lebih cepat dan mudah untuk kita sendiri.

(L. Augusteen)