Salah satu inovasi teknologi komputer yang kini terus dikembangkan adalah artificial inteligence (AI). AI atau kecerdasan buatan adalah salah satu bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia. Konsep AI sendiri dicetuskan oleh salah satu tokoh fenomenal di dunia komputer dan digital, Alan Turing.

Alan Turing

Alan Turing

Keberadaan AI memproyekskan bagaimana kemudian kehidupan manusia nantinya akan mendapatkan berbagai kemudahan dari inovasi teknologi ini. Alan Turing memang seorang peneliti komputer modern digital pertama. Ia juga orang pertama yang berpikir bahwa komputer dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti membuat dokumen maupun menyimpan dokumen. Dalam hal ini, Turing menjelaskan bahwa komputer dapat menjalankan berbagai program.

Turing lahir pada tanggal 23 Juni 1912 di Maide Vale, London, Inggris. Semasa hidupnya Turing memberikan kontribusi yang begitu besar pada dunia perkomputeran. Selain AI, Turing juga menciptakan ide mesin turing. Mesin tersebut dikonseptualisasikan oleh Turing sebagai mesin yang dapat menjalankan sekumpulan perintah. Tidak hanya itu, Turing juga mencetuskan tes turing. Sayangnya, akhir kisah Turing tidak begitu baik karena ia dikabarkan bunuh diri pada tahun 1954 setelah mendapatkan tindak pidana homoseksualitas dan suntik estrogen pada 1952. Hal itu membuat izin keamanan Turing dicabut dan ia tidak dapat bekerja lagi di GCHQ.

Kita, sebagai warga dunia yang merasakan dampak dari kontribusi Turing seharusnya memberikan ucapan terimakasih. Berkat pemikirannya, kita mampu mengoperasikan komputer sebagai mesin serbaguna. Kisah Turing yang lebih lengkap lagi bisa dibaca di buku The Innovator yang ditulis oleh Walter Issacson. Dalam buku tersebut, kita dapat lebih memahami apa yang sebetulnya Turing ingin lakukan terhadap dunia komputer dan digital.

 

Lamia Putri D.