Karena kamu butuh "tips and trick" untuk bertahan di Belanda.

Karena kamu butuh “tips and trick” untuk bertahan di Belanda.

Ketika kamu berada di luar negeri, khususnya di Belanda, penting banget nih buat kamu untuk memiliki hubungan yang baik dengan mahasiswa asal Indonesia lainnya. Hubungan baik ini bisa dilakukan dengan melakukan chatting, VOIP, dan nulis-nulis di blog. Apalagi ketika kamu berada di luar negeri yang mana kamu pasti dibuat takjub dengan kecepatan internetnya.

Juga, penting banget buat kamu untuk mem-planning-kan penggunaan internet. Karena selain terbilang costly, juga karena Belanda merupakan salah satu negara dengan akses internet paling cepat di dunia.

Tapi tak perlu bingung dengan mahalnya biaya karena masih ada yang gratis, misal VOIP (Voice Over Internet Protocol). Dengan membeli VOIP, kamu bisa menghubugi nomor telepon di Tanah Air. Nah, layanan ini jauh lebih murah daripada harus mendekam dalam wartel internasional.

Cara lain selai VOIP adalah blog. Dengan rajin-rajin kamu aktif di blog kamu, maka secara tak langsung kamu mengasah kemampuan tulis-menulis kamu. Konon, budaya blog ini dipelopori dari komunitas pelajar Indonesia yang sudah pusing menghadapi banyaknya tugas yang “tumpah-ruah”.

Jadilah penggunaan blog sebagai sarana curhat yang available selama 24 jam. Solutif: Murah, meriah, narsis.

L. Augusteen