Kabar bahagia datang lagi dari dunia penerbitan Indonesia. Terkait dengan akan diselenggarakannya Frankfurt Book Fair 2015, Indonesia terpilih sebagai Guest Of Honour (GoH) di acara pameran buku terbesar di seluruh dunia tersebut.

Frankfurt Book Fair adalah acara tahunan, yang diikuti oleh lebih dari 100 negara, termasuk Indonesia. Dalam acara Frankfurt Book Fair, tiap negara tidak hanya menampilkan buku-buku terbaik karya anak bangsa, namun juga menampilkan kebudayaan dan kearifan lokal yang ada di negara masing-masing . Dan tentu saja, Indonesia sebagai GoH menjadi negara yang paling disorot dalam rangkaian acara FrankFurt Book Fair 2015 mendatang.

Demi mempersiapkan diri untuk menjadi GoH di Frankfurt Book Fair 2015 mendatang, 200 judul buku karya anak bangsa akan diterjemahkan ke bahasa Jerman dan Inggris. Tentu ini merupakan PR besar bagi dunia literasi Indonesia, mengingat minimnya penerjemah yang baik di Indonesia dan banyaknya jumlah buku yang belum diterjemahkan.

Terlepas dari banyaknya hal yang harus dikejar oleh Indonesia demi persiapan untuk menjadi GoH di Frankfurt Book Fair 2015, ini merupakan kesempatan emas bagi Indonesia untuk memperkenalkan dunia literasi Indonesia kepada para penggemar literasi dunia. Begitupun bagi Bentang Pustaka yang termasuk dalam daftar penerbit yang akan mengisi di Frankfurt Book Fair 2015 mendatang. Kesempatan ini harus dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk memperkenalkan karya-karya ciamik yang telah diterbitkan oleh Bentang Pustaka kepada dunia internasional.

Indonesia memiliki banyak penulis berbakat yang berkelas dunia, sebut saja Andrea Hirata, Dewi Lestari, Trinity, dan Wahyu Aditya. Kesemua penulis ini merupakan penulis-penulis brilian yang telah menerbitkan beberapa karyanya melalui Bentang Pustaka. Dan keempat penulis berbakat tersebut, akan mengikuti acara Frankfurt Book Fair 2015, menjadi representasi bagi dunia literasi Indonesia.

(Talitha Fredlina Azalia)