Hadi SusantoPria dengan tampilan sederhana dan senyum yang menyenangkan itu bernama Hadi Susanto. Seorang putra daerah Lumajang yang berhasil memutar balik hidupnya hingga kini ia berhasil menjadi salah satu pengajar di universitas essex, di Inggris.

Hadi Susanto terlahir di Desa Kunir Kidul, Lumajang. Ia tidak berasal dari keluarga yang berada. Akan tetapi Hadi Susanto memiliki semangat untuk menuntut ilmu yang lebih daripada kawan-kawan sebayanya. Ia dikaruniai kejernihan berpikir dan semangat yang membara. Dua modal inilah yang membawanya terus menerus menuntut ilmu hingga kini. Dalam berbagai keterbatasannya, Hadi Susanto justru termotivasi untuk semakin giat menuntut ilmu dan membalikkan kondisi hidupnya. Hal ini ia buktikan dengan usaha kerasnya untuk bertahan hidup ketika ia melanjutkan studinya di ITB. Mengalahkan rasa malu dan gengsi, Hadi Susanto berjalan-jalan di sekitar hotel dengan pakaian rapi setiap hari minggu dan sabtu demi mendapatkan makanan gratis di acara nikahan yang sedang diselenggarakan, meski ia tidak mengenal siapa si pemilik hajatan tersebut. Selain itu, Hadi Susanto juga mengisi waktu kuliahnya dengan kerja sambilan demi memenuhi kebutuhan hidupnya, orangtuanya di Lumajang, dan menutup biaya kuliah adiknya.

Kerja keras Hadi Susanto tidak hanya dalam persoalan bertahan hidup, Ia juga bekerja keras dalam menuntut ilmu. Ia percaya bahwa hak pelajar dan mahasiswa adalah untuk mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya dari tenaga pengajar kapanpun dan dimanapun. Hak itu ia manfaatkan semaksimal mungkin dengan sering-sering nongkrong di ruang guru maupun ruang baca dosen. Hadi Susanto adalah pelajar yang sadar penuh bahwa belajar bukanlah kewajibannya melainkan haknya. Dan belajar akan terasa lebih menyenangkan ketika kita tidak menganggapnya sebagai beban kewajiban yang harus dipenuhi.

Kisah-kisah menarik dan inspiratif mengenai hidup Hadi Susanto dan cintanya terhadap Tuhan dan Matematika kini telah tertuang dalam sebuah buku kumpulan esainya yang berjudul Tuhan Pasti Ahli Matematika.

 

Talitha Fredlina Azalia