Tahun 2016 diterapkan MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Artinya perekonomian di ASEAN akan semakin terintegrasi. Implikasinya semakin ketat persaingan antar-tenaga kerja di ASEAN. Tenaga kerja Indonesia tidak hanya bersaing dengan tenaga kerja di Indonesia namun dengan tenaga kerja dari negara-negara anggota ASEAN lainnya. Sedangkan masalah pengangguran di Indonesia sendiri tidak kunjung usai dari tahun ke tahun.

Namun membatalkan maupun mengundur MEA bukanlah solusi, karena memang dunia bergerak, dan kita tidak dapat hanya menjadi sesuatu yang statis. Kita butuh progress, kita harus turut bergerak pula, menjadi dinamis agar tidak tenggelam dilumat oleh dunia yang terus berkembang. Salah satu solusi yang paling memungkinkan untuk menanggulangi isu pengangguran yang terancam kian parah akibat MEA, adalah dengan menjadi pengusaha dan menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Menjadi pengusaha atau entrepreneur sesungguhnya tidaklah sulit. Yang dibutuhkan hanyalah determinasi yang kuat dan kreativitas yang tinggi. Determinasi, karena menjadi pengusaha berarti akan menghadapi berbagai macam kegagalan dan perjuangan yang sama sekali tidak mudah. Kreativitas, karena menjadi pengusaha berarti harus kreatif dalam memandang sebuah persoalan dan memanfaatkan peluang. Kedua hal tersebut, determinasi dan kreativitas adalah hal yang dapat dipelajari dan dikembangkan. Tidak ada orang yang terlahir dengan gen pengusaha, sebagaimana tidak ada orang yang terlahir dengan gen karyawan. Manusia dapat menjadi keduanya, tinggal bagaimana kita memilih dan mengembangkan diri. Siapapun dapat menjadi pengusaha, selama ia memiliki determinasi dan kreativitas.

Bahkan kini terdapat banyak sarana yang dapat membantu kita dalam petualangan untuk menjadi pengusaha. Mulai dari pendidikan entrepreneurship, inkubator bisnis, venture capital, hingga buku yang membahas mengenai entrepreneurship.

Paket Buku Wajib untuk Wirausaha Kreatif

Bentang Pustaka kini memiliki sederet buku yang dapat menjadi sarana bagimu untuk mempelajari seluk beluk dunia entrepreneur; IndiePreneur, StartupPedia, Kreatif Sampai Mati, dan Dari Sepatu Membangun Dunia. Keempat buku ini dapat meningkatkan pemahamanmu mengenai dunia bisnis dan usaha kreatif.

Buku Paket Bisnis KreatifIndiePreneur, karya Pandji Pragiwaksono, yang membahas mengenai berbagai strategi usaha dan meyakinkanmu kalau kamu dapat hidup dari usahamu, karyamu.

Sila ke 6: Kreatif Sampai Mati, karya Wahyu Aditya, yang melatihmu untuk menjadi kreatif dalam menjalani hidup sekaligus berwirausaha

StartupPedia, yang mengenalkan kepadamu strategi-strategi dalam membangun Startup (usaha rintisan) yang scalable dan replicable.

Dari Sepatu Membangun Dunia, yang mengenalkan kepadamu mengenai dimensi sosial dalam dunia wirausaha.

Keempat buku ini, merupakan buku yang wajib dimiliki oleh kamu yang hendak berwirausaha baik di bidang apapun.

Karena Bentang Pustaka percaya kepadamu, dan kapabilitasmu untuk menjadi seorang pengusaha dan solusi bagi isu ketenagakerjaan di Indonesia. (Titha)