Film mencari hilal 2

“Film ini mengajarkan bahwa cara terbaik menyikapi keragaman adalah dengan kearifan,” kata Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin pasca pemutaran perdana film Mencari Hilal di Pejaten Village XXI, Jakarta Selatan (5/7).

Film besutan Ismail Basbeth dan produksi Mizan Productions, Argi Film, Dapur Film, MVP Pictures, dan Denny JA ini menceritakan tentang perbedaan pandangan agama antara ayah, Mahmud (Deddy Sutomo), dan anak, Heli (Oka Antara). Perbedaan tentang salah atau benar dan boleh atau tidak ini membuat keduanya berkonflik. Heli yang telah lama memutuskan pergi dari rumah karena perbedaannya dengan sang ayah, terpaksa kembali lagi untuk kemudian menemani ayahnya dalam sebuah perjalanan mencari hilal. Mahmud sendiri ingin membenarkan ajaran agama bahwa, Islam melarang umatnya melakukan perbuatan yang mubazir, seperti sidang Isbat Kementerian Agama yang menghabiskan dana sembilan milyar rupiah. Oleh karenanya, tak hanya bercerita tentang perjuangan membela agama, film ini juga menekankan tentang hubungan ayah anak yang menguras emosi.

 

“Siapa pun yang punya masalah sama ayahnya pasti bisa ngerasain impact-nya sama film ini,” ujar Oka Antara.

Untuk itu, Mencari Hilal tak hanya bisa dinikmati kalangan muslim saja, tetapi kaum non muslim pun dapat mengambil banyak pelajaran dari film ini. Tayang serentak di bioskop mulai 15 Juli 2015, pastikan anda menjadi saksi kisah inspiratifnya bersama keluarga atau orang tersayang!