01-Dari-Sepatu-Membangun-DuniaPernah mendengar kata sociopreneurs? Mereka yang berusaha memecahkan sebuah persoalan sosial melalui pendekatan bisnis. Mereka yang menggabungkan antara filantropi dan bisnis. Terdengar mustahil? Mungkin.

Blake Mycoskie telah membuktikan bahwa kedua hal itu (Filantropi dan bisnis) dapat berjalan bersamaan dalam sebuah model bisnis. TOMS, perusahaan sepatunya yang berusaha menjadi solusi bagi permasalahan sepatu di dunia, terbukti sukses mendunia. Tidak puas hanya disitu, Blake Mycoskie juga memperluas isunya melalui berbagai usaha lain dengan satu model bisnis yang sama dan terbukti sukses: One for One

Ia memulai dengan beberapa ratus sepatu TOMS dalam tiga buah tas duffel yang dibawanya dari Argentina. Ia bertekad untuk menjualnya di Amerika Serikat dan menerapkan konsep bisnis One for One. Yakni, untuk setiap barang terjual, akan ada barang yang sama diberikan gratis kepada mereka yang membutuhkan. Konsep bisnis ini pada awalnya dipertanyakan apakah akan berhasil atau tidak, karena tidak ada bisnis lain yang serupa. Namun nyatanya TOMS sukses merebut perhatian para customer nya di Amerika Serikat dan Blake Mycoskie bahkan berhasil menerapkan konsep One for One dalam usahanya yang lain.

Kisah sukses TOMS dan konsep bisnis One for One nya memberikan Blake Mycoskie banyak pembelajaran mengenai apa yang dibutuhkan untuk menjadi seorang sociopreneurs. Dan pengetahuannya ini ia tuangkan dalam sebuah buku “Start Something That Matters” yang langsung menjadi New York Best Seller. Buku yang berisikan tips dan kiat menjadi sociopreneurs handal ini kini diterjemahkan oleh Bentang Pustaka dalam bahasa Indonesia dengan judul “Dari Sepatu Membangun Dunia”.