Minggu sore, 14 Juni lalu, Bentang Pustaka menggelar acara bersama Andrea Hirata di toko buku Togamas, Jl. Suroto Yogyakarta. Acara ini merupakan dari rangkaian promo novel terbaru Andrea Hirata “Ayah” yang launching tiga minggu sebelumnya.

Novel yang terbitnya menandai 10 tahun Andrea Hirata telah berkarya ini menjadi semacam oase yang memupuskan kerinduan para pembaca karya Andrea Hirata. Mereka telah menunggu selama 3 tahun terakhir untuk dapat membaca novel fenomenal yang ditulis Andrea Hirata kala mengikuti International Writing Program di Iowa University pada tahun 2010.

Acara digelar sejak pukul 15.30 sore ini dihadiri peserta dari berbagai kota, dari Jogja hingga Belitung. Peserta terlihat begitu antusias menyapa Andrea Hirata dan musisi-musisi yang mengiringinya seperti Meda Kawu, Dika Chasmala, dan Reynold. Acara tidak hanya diisi dengan mengobrol bersama Andrea Hirata dan tanya jawab, namun beberapa lagu juga dibawakan oleh Andrea Hirata dan kawan-kawan. Seperti lagu Laskar Pelangi, Cinta Gila, Hometown Glory, dan satu lagu terbaru dari kak Meda Kawu, yaitu Hai Ayah. Lagu Hai Ayah dan laskar pelangi sukses mengundang tangis para peserta di sore hari yang syahdu tersebut. Energi dari acara sore itu terasa begitu bersemangat dan menyenangkan.

“Wah energinya menyenangkan sekali ya Jogja, kita begitu dekat tidak terpisahkan jarak.” Tutur Andrea Hirata diatas panggung.

Andrea Hirata juga memperkenalkan dua murid sekolah gratisnya di Belitung yang bermimpi menjadi musisi jazz Indonesia bernama Pola dan Al Dendi. Kedua gitaris ini membawakan lagu instrumental Spain bersama Dika Chasmala dan Reynold. Permainan mereka yang ciamik menutup acara inti di sore hari itu dan dilanjutkan dengan sesi booksigning dan foto bersama.

Acara berlangsung hingga cukup malam karena banyaknya peserta acara yang  berbondong mengantri di sisi panggung untuik mendapatkan tandatangan Andrea Hirata dan berfoto bersama. Meski hari semakin malam, para peserta tetap mengantri demi mendapatkan tanda tangan Andrea Hirata dan sebuah foto bersama.

“Dari kemarin saya mengikuti acara yang diadakan Bentang, kemarin kan ada #MeetTheAuthors ya dengan Trinity. Sekarang ada Meet and Greet Andrea Hirata. Acaranya seru-seru, memberi ilmu. Lanjutkan! Teruskan!” begitu testimoni dari Tyas, salah satu peserta acara, mengenai acara Meet and Greet yang digelar hari itu.