CCe8D_vUwAEwRRW Pernahkah kamu berpikir tentang cinta? Pernah tentu. Bagaimana cinta bisa menghampiri dua jiwa yang tadinya tak saling tahu? Pandangan, pembicaraan, sentuhan, candaan, begitukah cinta dimuai? Ah, cinta terlalu kompleks untuk digeneralisasikan. Rasa cinta datang tanpa kita pernah meminta. Diam-diam ada sesuatu yang lain dalam pandangan. Diam-diam jantung tak beraturan dalam pembicaraan. Diam-diam, senyuman terus mengembang dalam sentuhan. Jatuh Cinta Diam Diam 2; Diam-diam aku mencintaimu, diam-diam aku mendoakanmu, begitulah tulis Dwitsari dan teman-teman dalam bukunya berjudul Jatuh Cinta Diam Diam #2

Bercerita mengenai sepuluh kisah pahit manisnya memendam rasa, buku ini mengajak pembaca hanyut dalam romantisme perasaan yang memendam cinta diam-diam. Kadang suka, kadang perih, kadang menyayat, kadang tangis. Sepuluh kisah jatuh cinta diam-diam ditulis indah dari bermacam sudut pandang. Seakan menyadarkan bahwa cinta bisa datang kapan saja, pada siapa saja, dengan cara apa saja, dan menggariskan bermacam rasa. Antara barista kopi dan pengunjungnya dalam cerita berjudul Kopi. Menghadapi beratnya situasi perpisahan dalam judul cerita Fuurin. Atau rasa diam-diam pada orang tak dikenal dalam cerita Menemukanmu di Udara. Aku tidak pernah percaya konsep bahwa kita akan jatuh cinta pada seseorang yang turun dari langit (Jatuh Cinta Diam Diam #2 halaman 157).

Buku ini mengajarkan pembaca mengenai konsep luas cinta. Bagaimana dan mengapa insan dapat bertahan dalam rasa yang dipendam. Bahwa sesunggunya mencintai diam-diam bukan mengenai benar atau salah, tapi tentang kenyamanan. Bahwa manusia tak selalu mengartikan cinta dengan ungkapan yang berbunga-bunga. Bahwa terkadang, diam-diam menjadi pilihan manusia untuk mencintai dengan sederhana, atau tulus, atau tak berharap apa. Bahwa terkadang, jatuh cinta diam-diam pun tak punya alasan, definisi hanya bisa dibuktikan dengan perasaan. Maka, tak ada yang bisa dipersalahkan atas jatuh cinta diam-diam. Karena cinta punya berbagai cara untuk dirasa.

Fitria Chusna Farisa | @fitriafarisa