CAK Ilustrasi

Ilustrasi: @maulasam

Sam Maula menuliskan kisahnya mendapatkan pekerjaan pasca meraih gelar sarjana. Kuliah merupakan masa peralihan individu menuju dewasa hingga pada prosesnya ia benar-benar menjadi dewasa.
Menjadi hal yang menyenangkan sebagai mahasiswa mengikuti berbagai organisasi, berkontribusi dalam aktivitas kampus, turun langsung ke lapangan, atau sekedar menikmati kebebasan dengan status mahasiswa. Semua hal tersebut merupakan suatu proses sampai nantinya gelar mahasiswa dilepas, individu tadi kemudian berkelana di ‘dunia nyata’. Namun, untuk bisa melepas status mahasiswa dan menukarnya dengan gelar sarjana saja tak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi menghadapi ‘dunia nyata’. Sam Maula telah tuntas menceritakan masa-masa akhir kuliahnya hingga dirinya meraih gelar sarjana pencari kerja dalam Catatan Akhir Kuliah 2.

Setelah menceritakan pengalamannya di akhir kuliah dalam Catatan Akhir Kuliah, kini Sam Maula kembali menuliskan kisah pribadinya untuk perjalananya mendapatkan pekerjaan pasca meraih gelar sarjana. Jatuh bangun Sam untuk menjadi wirausaha dan memegang teguh idealisme tidak menjadi PNS atau pekerja dalam perusahaan asing sangat ditekankan dalam buku ini. Konflik yang muncul dalam buku ini sangat natural dan banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Atmosfer idealisme fresh graduate yang masih dipegang teguh, keinginan orang tua untuk secepatnya melihat kesuksesan anak, pengejaran dan penolakan cinta, hingga penolakan kerja kesana-kemari begitu kental diceritakan.

Dengan gaya penulisan Sam yang fresh, tidak berlebihan, dan penuh dengan humor, membuat Catatan Akhir Kuliah 2 dapat dengan mudah disukai semua kalangan. Tak lupa, Sam memberikan pesan moral dan pelajaran hidup yang bijak dalam bukunya. Karena ditulis berdasarkan pengalaman pribadi, pesan moral yang disampaikan Catatan Akhir Kuliah 2 kian terasa menyentuh. Kegigihan Sam dalam mempertahankan idealismenya yang telah ia dapatkan selama ia berproses patut diteladani. Jadi semakin gue sukses, semakin banyak waktu yang bisa gue luangkan untuk keluarga dan orang-orang terdekat (Catatan Akhir Kuliah 2 hal. 116).

Dunia kuliah memang menyenangkan, sekaligus menantang. Menyandang status sebagai mahasiswa seakan menandakan pribadi kita semestinya akan turut menjadi dewasa. Maka setelahnya, ketika status mahasiswa dilepas bertukar gelar sarjana, keberhasilan individu dalam berproses menuju kedewasaan akan dibuktikan dalam ‘dunia nyata’.

Fitria Chusna Farisa | @fitriafarisa