Novel Ayah yang akan dirilis tanggal 29 Mei ini mengundang banyak tanya dari para penggemar karya Andrea Hirata. “Kenapa ayah? Kenapa bukan ibu?” begitu pertanyaan yang dilontarkan.

Saya tidak memiliki otoritas apapun untuk menjawab pertanyaan tersebut. Karena hanya Andrea Hirata sendirilah yang mengetahui alasan sebenarnya dibalik diambilnya sosok ayah sebagai figur sentral dalam novel terbarunya ini. Namun saya hanya hendak berargumen sekaligus mengingatkan, bahwa sosok ayah, tak kalah pentingnya dengan ibu. Sosok ayah, terkadang pula butuh diromantisir dalam tulisan maupun film untuk mengingatkan pada kita bahwa cinta seorang ayah pun nyata adanya.

image: istimewa

image: istimewa

Ayah Heroik

Dua minggu lalu ini, beredar luas kisah mengharukan tentang seorang sopir taksi sekaligus seorang ayah yang memajang foto anaknya dalam taksinya. Sopir Taksi yang bernama Alex Ridwan tersebut, memajang foto anaknya untuk memotivasinya bekerja. Karena anaknya sedang sakit dan akan berulang tahun dalam waktu dekat. Alex berupaya untuk memenuhi keinginan anaknya agar ulangtahunnya kali ini dirayakan dengan makan bersama di sebuah restoran cepat saji ternama dan diberi hadiah sebuah tas sekolah. Kisah Alex Ridwan ini menjadi viral dan akhirnya dengan dibantu oleh bosnya dan seorang manajer di restoran cepat saji tersebut, Alex Ridwan berhasil menyelenggarakan pesta ulang tahun bagi anaknya.

Dan Alex Ridwan dengan kisah mengharukannya ini tidaklah sendirian. Ada banyak kisah perjuangan seorang ayah bagi anaknya yang tidak kalah mengharukan. Ingat film Lost and Love yang dibintangi oleh Andy Lau? Film itu diangkat dari kisah nyata Guo Gantan, seorang laki-laki di Cina yang berkeliling dengan motornya selama 18 tahun mencari anak lelakinya, Guo Zhen yang hilang. 18 Tahun Guo Gantang mengendarai motornya dengan memasang bendera foto anaknya, berharap bahwa pada suatu hari ia dapat bertemu lagi dengan anak lelakinya tersebut. Kepahitan yang dirasakan Guo Gantang membawanya menjelajah pelosok Cina. Namun Guo Zhen tak kunjung ditemukannya. Meski begitu, perjuangan Guo Gantang tidaklah sia-sia. Ia dalam perjalanannya telah berhasil mempertemukan kembali beberapa orang tua dengan anaknya yang telah hilang. Jumlah kasus penculikan anak dan human trafficking di Cina memang sangat tinggi, sehingga apa yang terjadi pada Guo Zhen bukanlah hal yang mengherankan.

Di Cina lagi, seorang ayah rela menjadi ‘mainan kuda-kudaan’ demi dapat membiayai pengobatan anaknya yang divonis menderita Leukimia. Biaya pengobatan yang tidak murah, sedangkan ia sendiri hidup susah dan bahkan terlilit hutang, membuatnya rela melakukan apa saja demi dapat mengobati anaknya. Maka ia memasang banner yang menceritakan tentang situasinya lalu ia merangkak dengan mengenakan topeng kuda dan menawarkan jasa untuk ‘menungganginya’ dengan membayar 1$. Semata untuk membayar biaya pengobatan anaknya.

Dari tiga kisah diatas, dapat kita lihat betapa nyata dan mengharukannya cinta seorang ayah pada anaknya. Mungkin ayah terlihat memiliki peran yang kecil dalam hubungan antara orangtua dan anak, mungkin ibu dengan pengorbanan 9 bulan mengandung dan membahayakan nyawanya demi melahirkan terasa begitu spesial dan lebih berarti dari ayah. Akan tetapi cinta kasih seorang ayah pun nyata adanya. Memang ayah tidak mengandung dan melahirkan, namun ayah-lah orang yang menantang seisi dunia setiap harinya demi menjaga anaknya tetap hidup dengan bahagia. Ayah-lah yang merelakan diri untuk berjuang setiap harinya selama ia hidup, demi dapat menyediakan makanan di meja anaknya, pakaian di tubuh anaknya, serta atap diatas kepala anaknya. Ayah-lah yang sanggup bergelut dengan kerasnya kehidupan setiap hari demi menjaga keluarga kecilnya tetap utuh dan bahagia, diatas peluhnya, diatas remuk redamnya. Pengorbanan seorang ayah, tak kurang berarti daripada pengorbanan seorang ibu. Mereka hanya berkorban dan berjuang di kedua sisi yang berbeda. Namun semua dilakukan demi kebahagiaan anaknya.

3D-kecilLantas, bagaimana dengan Novel Ayah? Bagaimana hubungan antara ayah dan anak akan digambarkan dalam Novel Ayah ini? Bagaimana hubungan antara Sabari dan Zorro?

“Konon, hari paling penting dalam hidup manusia adalah

hari saat manusia itu tahu untuk apa dia dilahirkan.

Sekarang Sabari tahu bahwa dia dilahirkan untuk menjadi

seorang ayah. Seorang ayah bagi Zorro.”

-Ayah, Hal. 227

 

@tithawesome