bernas-bentangKamis 16 April 2015, Bentang Pustaka kedatangan tamu dari Bernas Jogja. Beliau adalah Bapak YB Margantoro, Redaktur Harian Bernas Jogja dan Direktur Lembaga Pelatihan Jurnalistik Bernas Jogja (LPJB).

Maksud kunjungan siang itu adalah penandatanganan kerjasama dengan Bentang Pustaka. “Kerjasama ini meliputi penulisan artikel dan berita di Harian Bernas, penerbitan buku, serta pendukung minat dan budaya membaca masyarakat,” kata wartawan senior yang akrab di sapa Pak YB.

Lebih lanjut Pak YB menyatakan Bernas Jogja mempunyai komitmen untuk berkerjasama dengan siapa saja, termasuk dengan elemen perbukuan atau penerbitan. Bernas Harian Jogja sendiri sebenarnya sudah cukup sering melakukan kerjasama dengan Bentang Pustaka. Salah satunya, konsisten menerbitkan tulisan Salman Faridi, CEO Bentang Pustaka, setiap hari Senin. Dan hal itu sangat membantu dalam meningkatkan budaya literasi di Jogja.

Menurut Pak YB, budaya membaca masih butuh diperjuangkan sekali, agar bangsa ini bisa berkembang. Buku bisa memberikan motivasi dan inspirasi. Motivasi untuk terus semangat dan inspirasi untuk terus melakukan aktualisasi. Harapan dari Bapak Margantoro adalah agar setiap kerjasama yang dilakukan oleh Bernas Jogja tidak hanya bermanfaat untuk perusahaan, tetapi juga untuk masyarakat. Karena selain dengan Bentang Pustaka, Bernas Jogja juga melakukan kerjasama dengan Perpustakaan Daerah Sleman, Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi, Ikatan Perpustakaan Indonesia, dan Taman Baca Masyarakat.