Kamis, 9 April 2015, di pinggir pantai Depok Yogyakarta, Pimpinan Redaksi Bentang Pustaka Imam Risdiyanto melakukan serah terima sumbangan buku dengan perpustakaan keliling Bantul. Serah terima dilaksanakan di acara festival layangan yang diselenggarakan oleh RRI. Dan disimak tidak hanya oleh warga sekitar namun segenap pejabat daerah Bantul dan petinggi RRI dari seluruh Indonesia.

Sumbangan buku diberikan oleh Bentang Pustaka untuk berpartisipasi dalam acara sedekah buku RRI yang kemudian mempertemukan antara penerbit dengan pihak yang membutuhkan sumbangan buku seperti perpustakaan. Menurut Imam Risdiyanto, selaku pimpinan redaksi Bentang, Sumbangan ini merupakan kontribusi Bentang Pustaka sebagai penerbit, untuk turut meningkatkan budaya baca di masyarakat.

“Sumbangan ini merupakan bentuk kontribusi Bentang untuk meningkatkan budaya baca. Karena penerbit memiliki tanggung jawab untuk memperkuat budaya baca di masyarakat dan menciptakan pembaca-pembaca baru. Bukan hanya mengeluhkan rendahnya minat baca masyarakat.” Tutur Imam Risdiyanto.

Selain sumbangan buku ke perpustakaan keliling Bantul, Bentang Pustaka juga berkontribusi dengan mengadakan program Bentang Book Corner. Dalam program ini, Bentang menyumbangkan buku-bukunya ke beberapa instansi untuk ditaruh dalam satu rak dan dapat dinikmati oleh penghuni/pengguna instansi tersebut. Program Bentang Book Corner ini telah berjalan di berbagai kota di Jawa, Yaitu Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta. Kedepannya, Bentang juga berencana untuk bekerjasama dengan instansi yang ada di Jakarta dan mendirikan Bentang Book Corner di Jakarta.

Talitha Fredlina Azalia | @tithawesome