Orang Jujur Tidak SekolahPenulis buku Orang Jujur Tidak Sekolah, Andri Rizki Putra akan tampil di program TV Kick Andy. Menurut rilis yang disampaikan laman resmi www.kickandy.com, acara yang menghadirkan tokoh pahlawan muda itu akan ditayangkan Metro TV, Jumat 13 Maret 2015, jam 20.00 WIB.

Di acara itu Rizki akan bercerita tentang kegiatannya di Yayasan Pemimpin Anak Bangsa. Saat itu, Rizki merasa sedih melihat praktik komersialisasi sekolah yang berlebihan yang mengakibatkan tidak semua orang bisa menikmati pendidikan berkualitas. Ia lalu meyakini meraih pendidikan tidak hanya melalui sekolah. Di tengah keterbatasan finansial yang dialami, Rizki  melanjutkan  pendidikannya melalui jalur non-formal dan berhasil lulus setingkat SMA-nya dalam waktu 1 tahun (program akselerasi). Selama putus sekolah, Rizki belajar secara otodidak dan menyusun kurikulum pelajarannya sendiri.

Sebagian kisah Rizki di Kick Andy itu juga dituturkannya di buku Orang Jujur Tidak Sekolah. Ia yang awalnya menaruh harapan besar pada sekolah yang mampu mengajarkan banyak hal, seketika patah hati. Hanya karena menolak lembar contekan jawaban ujian yang beredar di kalangan para siswa, Rizky dianggap aneh. Belum lagi gara-gara keterlambatannya membayar SPP setiap bulan, Rizki nyaris menjadi sasaran sindiran para guru tiap pengambilan raport tiba.

Diskriminasi yang terjadi berulang kali membuat Rizki mengambil keputusan besar: berhenti dari sekolah. Ia memilih belajar dengan caranya sendiri. Menciptakan sistemnya sendiri.