dee coaching clinic1Minggu (15/03) kemarin, Bentang Pustaka menyelenggarakan acara Dee’s Coaching Clinic pertamanya di kota Solo.

Acara ini diikuti oleh 20 reviewer terpilih dan beberapa tamu undangan. Dee’s Coaching Clinic adalah kelas menulis dari seorang penulis ternama Indonesia, Dewi ‘Dee’ Lestari, untuk para peserta. Selama 2,5 jam, Dee akan menjawab semua pertanyaan dari peserta Coaching Clinic terkait dunia kepenulisan. Menurutnya, Coaching Clinic ini diadakan karena Dee ingin membagikan ilmunya dengan para calon penulis ataupun orang-orang yang gemar menulis. Karena pada kesempatan-kesempatan seperti talkshow, tidak semua orang mendapatkan kesempatan bertanya kepada Dee mengenai dunia kepenulisan yang ia lakoni. Maka acara ini bermaksud menjadi ajang tanya-jawab sepuasnya antara peserta dengan Dee

Acara diikuti oleh 30 orang peserta yang berasal dari beberapa kota, tidak hanya Solo. Beberapa peserta datang dari Yogyakarta, Magelang, Bandung, Bogor untuk mengikuti acara Dee’s Coaching Clinic ini. Hampir semua peserta aktif menulis baik dalam bentuk novel, blog, maupun sebagai anggota pers kampus. Dan tentu saja hampir seluruhnya merupakan penggemar berat karya-karya Dee terutama Supernova.

Selesai berkenalan dengan ke-30 peserta, sesi tanya jawab pertama pun dibuka. Pada sesi pertama terdapat lima penanya yang bertanya mengenai berbagai hal mulai dari struktur sebuah cerita hingga hambatan dalam menulis. Dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Dee membawa kita berkeliling ‘dapur’ kepenulisannya. Mengenalkan teknik dan tips dalam menulis fiksi agar dapat menulis lebih baik serta efektif.

Dee menjabarkan beberapa poin penting dalam menulis dan menjadi seorang penulis. Contohnya, seorang penulis harus hirau pada sekitar, dapat menggunakan kelima panca indra nya untuk meresapi sebuah situasi yang lalu dapat disimpan dalam ‘bank data’ penulis. Selain itu, menurut Dee, seorang penulis juga harus memiliki modal ketekunan dalam menulis. Tidak dapat mengandalkan inspirasi semata dalam menulis.

Acara Dee’s Coaching Clinic di Solo ini menjadi acara perdana yang nantinya akan diikuti oleh 4 acara serupa di Jakarta, Surabaya, Medan, dan Makassar. (Titha)