Sebelum memasuki dunia kerja yang sebenarnya, mengikuti magang di sebuah Bentang Pustaka adalah salah satu kesempatan emas bagi para mahasiswa atau fresh graduate.

Menurut Adit Hapsoro Ardianto, desainer Bentang Pustaka, bagi para mahasiswa, magang di Bentang itu seru dan banyak manfaatnya. “Terutama bagi desainer pemula yang bermaksud mengembangkan skill/teknis visual, mengembangkan wawasan, melatif soft skill untuk belajar secara verbal mengekspresikan ide, belajar mengkomunikasikan pikiran, dan melatih kerja sama tim,” jelasnya.

Lalu saja manfaat dan syarat magang di Bentang Pustaka, berikut wawancara singkat dengan pria yang akrab dipanggil Adit ini.

Mengapa perlu magang di Bentang?

Karena di Bentang setiap individu dilatih dan biasakan untuk bekerja sama, sekaligus proaktif sebagai individu, mengembangkan diri sebagai inovator ide, dibiasakan untuk melatih argumentasi dalam berpendapat.

Berdasaran pengalaman, meski tidak dipukul rata, secara teknis seorang sarjana DKV, mungkin mampu terjun langsung ke dunia kerja, namun umumnya kurang memiliki soft skill berkomunikasi, mengungkapkan ide, padahal aspek ini merupakan faktor penting seorang yang berminat pada bidang kreatif.

Di sini Bentang, bisa menyediakan semua paket untuk seorang desainer magang pemula untuk berkembangng, lingkungan kreatif rekan kerja, sistem kerja perusahaan yang support, memuntut seorang kreatif desainer untuk artikulatif dalam ide sekaligus jagoan dalam eksekusi karya.

Apa saja sih syarat bergabung di Bentang?

Karena sistem kerja yang proaktif bagi setiap individu, skill teknis grafis sebutlah begitu, setiap individu dituntut memiliki pengetahuan dasar proses cetak, entah digital ataupun proses cetak massal, skill pengolah grafis standar umumnya bisa dipelajari di lingkungan akademis sebelumnya. (untuk pengolah gambar vektor, Corel Draw, Adobe Ilustrator), Pengolah bitmap Photoshop, terutama yang juga penting alur kerja digital pre-press selayaknya dipahami.

Ketrampilan yang dibutuhkan, secara teknis pasti sudah didapatkan entah dalam lingkungan akademis maupun komunitas yang seide, namun yang juga lebih penting, seorang desainer akan lebih punya potensi untuk maju jika:
Karakter (easy going, full of life), menerima pendapat, beragumentasi dengan dasar, wawasan yang luas, terutama fun.

Jadi, tunggu apa lagi? Silakan meluncur untuk peluang magang dan berkarir di Bentang Pustaka.