TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN – Industri komik di nusantara kini semakin berkembang. Adanya komik online ternyata tidak mematikan komik cetak namun justru dapat maju bersama.
Perkembangan komik lokal di tahun 2014 memang makin baik dengan membludaknya komik lokal baik cetak maupun online di pasaran.

Hal ini terungkap dalam acara Angkringan Komik yang diadakan Jumat (19/12/2014) di kantor penerbit Bentang Pustaka Jalan Plemburan Pogung Lor, Sleman.

Menurut komikus asal Yogya Ahmad Arsyad, membludaknya komik saat ini karena penerbitan sekarang lebih terbuka untuk berbagai genre komik.

Arsyad yang sudah menerbitkan beberapa komik seperti The Last Kickers ini menambahkan, dirinya juga terbantu oleh tren komik online yang berkembang di indonesia.

“Komik online justru sangat membantu. Karena yang lihat komik online kita juga sering menanyakan edisi cetaknya,” tambahnya.

Acara ini juga diisi oleh Ismail seorang komikus yang menciptakan karakter ‘Sukribo’ yang sudah terbit di media massa nasional. Diisi pula oleh Ulil, editor komik di penerbit Bentang Pustaka. (*)

Tribun Jogja