YOGYA (KRjogja.com) – Penerbit Bentang Pustaka mengadakan acara launching komik timnas u-19 di Jogja Digital Valley, Jumat (24/10/2014) siang. Dalam launching ini, komik berjudul The Last Kickers dan Garuda 19 Paulo Sitanggang lebih dahulu diperkenalkan ke publik.

Menurut Kickers Arsyad yang merupakan ilustrator sekaligus pengarang cerita, komik The Last Kickers menceritakan tentang tim nasional Indonesia usia 23 tahun. Komik tersebut menceritakan perjalananan timnas 23 menjalani turnamen. Dalam komik tersebut, tokoh dibuat berbeda dari nama aslinya. Namun, pelatih tetap sosok Rachmad Darmawan. “Sengaja saya menggunakan tokoh Rachmad Dharmawan karena dia salah satu pelatih lokal yang saya kagumi,” ungkapnya pada wartawan.

Buku yang kedua bercerita tentang pemain timnas usia 19 tahun, Paulo Sitanggang. Dalam cerita, Paulo dikisahkan seperti kehidupan sebenarnya. Bagaimana sosoknya yang cool dan santai digambarkan dalam cerita. Arsyad mengaku tidak menemukan kesulitan dalam membuat ilustrasi dalam komik. “Saya pernah bertemu langsung dengan Paulo di lapangan Uniersitas Negeri Yogyakarta (UNY) jadi sedikit banyak saya tahu bagaimana keadaan di sana, jadi tidak susah menggambarkan,” terangnya lagi.

Untuk membuat satu buku komik tersebut, Arsyad mengaku membutuhkan waktu sekitar 3-4 bulan. “Biasanya sekitar 3-4 bulan untuk membuat satu buku. Namun karena dikerjakan setiap hari, kemarin hasilnya menjadi lebih cepat,” lanjutnya.

Arsyad berharap agar komik tersebut bisa diterima oleh masyarakat. Cerita yang diilhami dari pengalaman timnas sepakbola Indonesia dalam kehidupan sebenarnya diharapkan bisa membuat pembaca bersemangat dan berpikir positif. “Semoga komik ini membawa hal positif pada pembaca. Dan semoga masyarakat Indonesia semakin menyukai sepakbola terutama Timnas Indonesia seperti saya menyukai timnas. Walaupun kemarin timnas kalah, namun menurut saya sepakbola Indonesia tidak berhenti di sini. Masih banyak kejuaraan di depan,” lanjutnya lagi.

Dirinya juga berharap agar banyak anak-anak yang membaca komik tersebut. Harapannya akan banyak anak muda yang terinspirasi menjadi pemain sepakbola. “Itung-itung bisa membuat anak-anak tertarik jadi pemain bola, agar nanti Indonesia punya banyak pemain berkualitas lagi,” lanjut Arsyad.

Bentang Komik sebagai penerbit komik timnas ini juga menyediakan doorprize jalan-jalan ke Jepang untuk pembeli komik yang beruntung. (*-33)

Sumber: Kedaulatan Rakyat